pendekatan mengajar

pendekatan mengajar yang dilakukan oleh guru akan sangat mempengaruhi tinggi rendahnya kegiatan belajar yang dilakukan oleh siswa.
ada beberapa pendapat mengenai pendekatan mengajar.
1). Richard anderson mengajukan dua pendekatan, yakni pendekatan yang berorientasi kepada guru atau disebut teacher centered, dan pendekatan yang berorientasi kepada siswa atau yang disebut student centered
2). Massialas mengajukan dua pendekatan mengajar, yakni pendekatan ekspositeri dan pendekatan inquiri.
pada hakekatnya, pendekatan ekspositeri adalah kegiatan penyampaian ilmu pengetahuan kepada siswa. dimana siswa dipandang sebagai objek pembelajar.
pendekatan inquiri bertolak dari pandangan siswa sebagai subjek dan objel dalam belajar, mempunyai kemampuan dasar untuk berkembang secara optimal sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. peranan guru sangat banyak menempatkan diri sebagai pembimbing atau pemimpin belajar dan fasilitator belajar. pendekatan inquiri berusaha melatakkan dasar dan mengembangkan cara berfikir ilmiah.
3). Bruce joyce mengemukakan empat kategori, yakni model informasi, model personal, model interaksi sosial dan model tingkah laku.
pendekatan informasi disebut juga pendekatan ekspositeri
pendekatan model personal mirip dengan inquiri
pendekatan model interaksi sosial hampir memiliki kesamaan dengan inquiri terutama social inquiri. yang menekankan terbentuknya hubungan antara indiviu/siswa yang satu dengan siswa yang lainnya sehingga dalam konteks yang lebih luas terjadi hubungan sosial individu dengan masyarakat
pendekatan tingkah laku (behavioral model) menekankan pada teori tingkah laku, sebagai aplikasi dari teori belajar behavioristik. dalam pendekatan ini langkah guru mengajar adalah: memberikan stimulus, menanggapi stimulus dari respon siswa, memberikan latihan kepada siswa dalam memberikan respon terhadap stimulus, dan memperkuat respon yang dipandang paling tepat sebagai jawaban terhadap stimulus.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

... Theresia lidya noova...