massa jenis

Massa jenis adalah pengukuran massa setiap satuan volume benda. Semakin tinggi massa jenis suatu benda, maka semakin besar pula massa setiap volumenya. Massa jenis rata-rata setiap benda merupakan total massa dibagi dengan total volumenya. massa jenis disebut pula kerapatan atau density.

Satuan SI massa jenis adalah kilogram per meter kubik (kg·m-3)

Massa jenis berfungsi untuk menentukan zat karena massa jenis merupakan cirikhas yang dimiliki oleh suatu zat. Setiap zat memiliki massa jenis yang berbeda. Dan satu zat berapapun massanya berapapun volumenya akan memiliki massa jenis yang sama. Tapi perlu diingat bahwa, Massa jenis alias kerapatan dari suatu fluida homogen( sama) dapat bergantung pada factor lingkungan seperti temperature (suhu) dan tekanan. sebagai contoh, massa jenis air dingin(es), air pada suhu kamar dan pada saat mendidih (pada suhu-suhu berbeda) memiliki massa jenis yang berbeda karena dipengaruhi suhu.

Rumus untuk menentukan massa jenis adalah

massa jenis = massa/ volume
ρ= m/v

dimana, ρ yang dibaca dengan rho adalah massa jenis, m adalah massa, dan V adalah volume.

Satuan massa jenis dalam 'CGS [centi-gram-sekon]' adalah: gram per sentimeter kubik (g/cm3).

1 g/cm3=1000 kg/m3

Massa jenis air murni adalah 1 g/cm3 atau sama dengan 1000 kg/m3

Selain karena angkanya yang mudah diingat dan mudah dipakai untuk menghitung, maka massa jenis air dipakai perbandingan untuk rumus ke-2 menghitung massa jenis, atau yang dinamakan 'Massa Jenis Relatif'

Rumus massa jenis relatif = Massa bahan / Massa air yang volumenya sama

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

... Theresia lidya noova...