Pr kinematika

PR Fisika dasar untuk mahasiswa jurusan matematika dan Pendikan kimia.

sumber: buku fisika dasar karangan haliday resnick,mulai dari hal 65 . untuk nomor (4,6,7,8,9,10,11,14,16) hal 67 (1,2,4) hal 71 (26) dan hal 73 (35,44). atau dapat dilihat dibawah ini.

Untuk Pendiikan Kimia

  1. Jika kecepatan konstan, apakah kecepatan rata-rata dalam sembarang selang waktu berdeda dengan kecepatan sesaat pada saat sembarang?
  2. Apakah sepedometer mobil menunjukkan laju seperti yang kita defenisikan?
  3. (a) dapatkah sebuah benda yang memiliki kecepatan nol sedang mengalami percepatan? (b) Dapatkah sebuah benda yang bergerak dengan laju konstanmemiliki kecepatan yang berubah-ubah ? (c) Dapatkan benda yang bergerak dengan kecepatan konstan memiliki laju yang berubah-ubah?
  4. Dapatkah benda yang mengalami percepatan kearah barat mempunyai kecepatan kearah timur?
  5. Dapatkah arah kecepatn benda berubah bila percepatannya konstan?
  6. Dapatkah laju benda bertambah bila percepatannya berkurang?jelaskan!
  7. Dari keterangan berikut, keadaan manakah yang tidak mungkin?(a) benda memiliki kecepatan ke timur dan percepatan ke timur; (b) benda memiliki kecepatan ketimur dan percepatan kebarat, (c) kecepatan benda sama dengan nol, tetapi percepatannya tidak nol; (d) benda memiliki percepatan konstan dan kecepatan berubah-ubah; (e) benda memiliki kecepatan konstan dan percepatan berubah-ubah.
  8. Misalkan sebuah bola dilemparkan vertikal keatas. Bila gesekan udara diperhitungkan , manakah yang diharapkan lebih lama, waktu untuk bola naik atau turun?
  9. Mungkinkah ada gerak dalam dua dimensi dengan percepatan hanya dalam satu dimensi?
  10. Sebuah mobil bergerak dengan laju 55 mil/jam (88 km/jam). Berapa jauh mobil berpindah dalam satu detik pada saat pengemudinya menengok kearah kecelakaan yang terjadi di tepi jalan?
  11. Untuk menghemat bahan bakar, batas laju kendaraan yang diizinkan pada jalur cepat diubah dari 65 mil/jam (105 km/jam) menjadi 55 mil/jam (88,5 km/jam). Berapakah tambahan waktu yang diperlukan untuk menempuh jalur cepat New York dari gerbang masuk Buffalo sampai ke gerbang keluar New York City yang panjangnya 435 mil (700km), jika ditempuh dengan limit laju yang diperkenankan?
  12. Sebuah kereta api bergerak dengan laju tetap 60 km/jam, mula-mula bergerak ketimur selama 40 menit, kemudian dalam arah 45 menit ketimur dari utara selama 20 menit dan akhirnya kebarat selama 50 menit. Berapakah kecepatan rata-ratanya selama perjalanannya itu?
  13. Sebuah mobil yang sedang bergerak 35 mil/jam (56 Km/jam) berada pada jarak 110 kaki (35m) dari penghalang ketika sopirnya menginjakrem. Empat detik kemudian mobil menabrak penghalang tersebut. (a) berapakah perlambatan mobil sebelum tabrakan? (b) berapa cepat gerak mobil pada saat tumbukan?
  14. Sebuah balon naik dengan kecepatan 12 m/s. Ketika tingginya 80 m diatas tanah, sebuah paket dijatuhkan . berapa lama waktu yang dibutuhkan paket untuk mencapai tanah?
  15. Air menetes dari lubang bocor kelantai yang berada 81 inci di bawahnya. Tetes-tetes itu jatuh dalam selang waktu yang teratur, yaitu tetes pertama tiba dilantai pada saat tetes keempat mulai jatuh. Tentukanlah letak masing-masing tetea ketika salah satu tetes tepat tiba dilantai!s

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

silabus ipa 3

1. Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah : IPA 3

Nomor Kode :

Jumlah SKS : 2

Semester : 3

Kelompok Mata Kuliah : MKDK

Program Studi/Program : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/S1

Status Mata Kuliah : bersyarat

Prasyarat : ipa 1 dan ipa 2

Dosen : Theresia Lidya Nova, S.Pd., M.Pd

2. Tujuan

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami karakteristik alam semesta, tata surya, karakteristik bumi dan bulan, cuaca, dampak gejala alam terhadap lingkungan, dan cara menjaga lingkungan, keanekaragaman hayati, konservasi SDA.

3. Deskripsi Isi

Mata kuliah ini mempelajari karakteristik alam semesta, tata surya, karakteristik bumi dan bulan, cuaca, dampak gejala alam terhadap lingkungan dan cara menjaga lingkungan, keanekaragaman hayati, konservasi SDA.

4. Pendekatan Pembelajaran

Ekspositori dan inkuiri

Metode : Ceramah, diskusi, analisis kasus, problem solving, pemberian tugas

Tugas : merancang model alam semesta, tata surya, struktur bumi, gejala alam.

Media : Whiteboard, LCD, Komputer.

5. Evaluasi

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :

Partisipasi kegiatan kelas

Pembuatan dan penyajian tugas

UTS dan UAS

6. Rincian Materi Perkuliahan

Pertemuan 1 : menganalisis konsep alam semesta

Pertemuan 2 : Tata surya

Pertemuan 3 : anggota tata surya

Pertemuan 4 : anggota tata surya

Pertemuan 5 : anggota tata surya

Pertemuan 6 : bumi dan bulan

Pertemuan 7 : bumi dan bulan

Pertemuan 8 : Mendeskripsikan penerbangan ruang angkasa

Pertemuan 9 : UTS

Pertemuan 10 : cuaca

Pertemuan 11 : perubahan lingkungan fisik dan pengaruhnya terhadap daratan

Pertemuan 12 : penyesuaian diri makhluk hidup terhadap lingkungan

Pertemuan 13 : peristiwa alam

Pertemuan 14 : pencemaran lingkungan dan cara menjaga lingkungan

Pertemuan 15 : keanekaragaman hayati, konservasi SDA, dan hubungan SDA, lingkungan, teknologi dan masyarakat

Pertemuan 16 : UAS

7. Daftar Buku

Atikah , dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam 1. Surabaya: LAPIS-PGMI

Atikah , dkk. 2009. Ilmu Pengetahuan Alam 2. Surabaya: LAPIS-PGMI

Chatief kunjaya,dkk. 2006. Menuju olimpiade astronomi. Bandung: ITB

Elisabeth, dkk.2002.Ilmu pengetahuan popular jilid 1. Jakarta: Ikrar mandiriabadi

Janice vancleave.2001. Mengajarkan Keasyikan Sains. Bandung: Pakar raya

Moh. Ma’mur Tanudidjaja. 1996. Ilmu Pengetahuan Bumi dan Antariksa. Jakarta: balai pustaka

Robert L. Wolke. 2007. Einstein Aja Gak Tau. Jakarta. Gramedia.

Pekanbaru, 16 September 2011

Pengampu

Theresia LIdya Nova, S.Pd., M.Pd

Nip. 19830127 201101 2 010

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

silabus pemb. ipa

SILABUS KULIAH

Pembelajaran IPA

1. Identitas Mata Kuliah

Nama Mata Kuliah : Pembelajaran IPA

Nomor Kode :

Jumlah SKS : 2

Semester : 5

Kelompok Mata Kuliah : MKK

Program Studi/Program : Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah/S1

Status Mata Kuliah : bersyarat

Prasyarat : IPA

Dosen : Theresia Lidya Nova, S.Pd., M.Pd

2. Tujuan

Selesai mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memahami Hakikat IPA, merancang dan melaksanakan pembelajaran IPA MI

3. Deskripsi Isi

Mata kuliah ini mempelajari karakteristik belajar dan pembelajaran IPA di MI, serta mengajarkan tentang cara merancang dan melaksakanan pembelajaran IPA dengan baik.

4. Pendekatan Pembelajaran

Ekspositori dan inkuiri

· Metode : Ceramah, diskusi, analisis kasus, problem solving, pemberian tugas

· Tugas : merancang pembelajaran IPA

· Media : Whiteboard, LCD, Komputer.

5. Evaluasi

Keberhasilan mahasiswa dalam perkuliahan ini ditentukan oleh prestasi yang bersangkutan dalam :

· Partisipasi kegiatan kelas

· Pembuatan dan penyajian tugas

· UTS dan UAS

6. Rincian Materi Perkuliahan

Pertemuan 1 : memahami hakekat pembelajarn IPA, dan Menganalisis pendekatan keterampilan proses pada pembelajaran IPA MI

Pertemuan 2 : memahami strategi pembelajaran IPA yang konstruktif dan mampu menempatkan karya dalam pembelajaran IPA di MI

Pertemuan 3 : merancang dan melaksanakan pembelajaran konsep fungsi bagian tubuh makhluk hidup

Pertemuan 4 : merancang dan melaksanakan pembelajaran konsep pembuatan makanan pada tumbuhan hijau

Pertemuan 5 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep ciri-ciri makhluk hidup dan cara perkembangbiakannya

Pertemuan 6 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsephubungan makhluk hidup dengan lingkungannya

Pertemuan 7 : UTS

Pertemuan 8 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep benda dan sifatnya

Pertemuan 9 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep energi

Pertemuan 10 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep gaya

Pertemuan 11 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep pesawat sederhana

Pertemuan 12 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep sifat-sifat cahaya

Pertemuan 13 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep struktur bumi dan batuan

Pertemuan 14 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep peristiwa alam dan dampaknya terhadap makhluk hidup dan lingkungannya

Pertemuan 15 : meracang dan melaksanakan pembelajaran konsep matahari sebagai pusat tata surya dan alam semesta

Pertemuan 16 : UAS

7. Daftar Buku

Agus Sugianto , dkk. 2009. Pembelajarn IPA MI. Surabaya: LAPIS-PGMI

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
... Theresia lidya noova...