soal uas fisdas

Semester fisika dasar

  1. Sebuah peluru bermassa 8 gram ditembakkan ke balok 9 Kg dalam arah horizontal dan bersarang di dlm balok tersebut yang dapat bergerak bebas dengan kecepatan 40 cm/s setelah tumbukan. Tentukanlah:

  1. kecepatan peluru di tembakkan!.

  2. Bila balok terletak diatas sebuah meja yang memiliki ketinggiang 1 m diatas lantai, tentukan letak jatuhnya peluru diukur dari tepi kaki meja. !

  1. Sebuah satelit bermassa m berputar mengelilingi bumi dengan kecepatan v. Berapakah perubahan momentum satelit ketika:

a. telah bergerak 3/4 putaran mengelilingi bumi.

b. telah bergerak 1 putaran penuh mengelilingi bumi.

  1. Tentukanlah titik berat peluru berikut!. Titik berat tabung ½ t, titik berat bagian atas ( ½ bola (3/8 R, R adalah jari-jari bola)
  2. tangga AB yang panjangnya 6 m dan massanya 10 kg bersandar pada tembok dan lantai yang licin. Agar tangga tidak tergelincir berapa gaya F yang harus diberikan?
  3. Sebuah bola pejal massa 5 Kg berada diatas bidang miring kasar, mula-mula dalam keadaan diam, kemudian menggelinding tanpa slip, (jika tg 37o = ¾ ) hitung energi kinetik setelah bergerak 7 detik?
  4. Sebuah batu dilempar kedalam danau yang dalam. Selama batu itu tengeelam semakin dalam, apakah gaya apung pada batu itu bertambah, berkurang atau tetap?
  5. sebuah arus air dari sebuah keran menjadi semakin sempit sewaktu jatuh. Terangkan!
  6. Sebuah tandon air yang terisi penuh hingga ketinggian 90 cm terdapat lubang kebocoran 10 cm diatas dasar tandon tersebut. Apabila tandon air diletakkan pada ketinggian 80 cm dari dasar lantai, maka kecepatan air yang keluar dari lubang bocoran adalah........ dan berapa jauh jarak pancaran air dihitung dari dasar lantai ke tempat jatuhnya air.
  7. Bila kelajuan gas ideal dinaikan menjadi dua kali semula pada saat variabel massa m, jumlah partikel N, dan volume V gas ideal dijaga tetap, maka tekanan gas menjadi ....
  8. Didalam sebuah siklus karnot, ekspansi isotermal dari suatu gas ideal terjadi pada 350K dan kompresi isotermal terjadi pada 300K. Selama ekspansi tersebut maka 450 kal tenaga kalor dipindahkan kepada gas. Tentukanlah:

a. kerja yang dilakukan oleh gas selama ekspansi isotermal.

b. kalor yang ditolak dari gas selama kompresi isotermal.

c. kerja yang dilakukan pada gas selama kompresi isotermal.

d. efisiensi mesin karnot.

11. Sebuah batang AB, panjangnya 4m mempunyai berat 100 N digantunng pada ujung B dengan tali, seperti pada gambar. Pada ujung A ditaruh pemberat timah bermassa 5 Kg. Batang AB mengapung seperti gambar dengan setengah panjangnya terendam dalam air. Anggaplah gaya apung pada pemberat diabaikan dan percepatan grafitasi 10 m/s2.

a. lukiskan semua gaya yang bekerja pada batang.

b. hitung gaya tarik pada tali

c. hitung volume total batang

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

fluida


rumus-rumus blm bisa ditampilkn scra baik, ,, akan diperbaiki pd postingan slnjutnya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
... Theresia lidya noova...