Mekanika

mekanika adalah cabang ilmu fisika yang mempelajari tentang gerak benda. mekanika dapat dikelompokkan atas dua yakni kinematika dan dinamika. Kinematika adalah cabang mekanika yang mempelajari tentang gerak benda tanpa meninjau penyebab benda tersebut bergerak. sedangkan dinamika adalah cabang mekanika yang mempelajari tentag gerak benda dan meninjau penyebab dari gerak tersebut.

beberapa besaran yang perlu dipahami di kinematika yakni:
1. perpindahan dan jarak
2. kecepatan dan kelajuan
3. percepatan dan perlajuan.

perpindahan adalah perubahan posisi benda ditinjau dari posisi awalnya. dan jarak adalah panjang lintasan yang ditempuh oleh benda yang sedang bergerak. Sebagai contoh seorang siswa berjalan mengantarkan tugasnya dari tempat duduknya ke meja guru. Posisi meja guru dan tempat duduk siswa terpisah sejauh 3 m. maka dari gambaran tersebut kita mengetahui siswa tersebut saat mengumpulkan tugasnya ke tempat gufru dan kembali lagi ketemat duduknya telah menempuh jarak 6 meter yakni jarak pergi (3m) + jarak pulang (3m). Jarak adalah besaran skalar. sementara perpindahannya nol karena siswa kembali lagi keposisi asalnya . sehingga tidak ada perubahan posisi yang terjadi dimana tiada perpindahan. perpindahan adalah besaran vektor karena selain kita mendapatkan nilai kita juga memperhitungkan arah perpindahan benda.

kecepatan adalah perubahan posisi yang terjadi setiap saat. ini berarti bahwa kecepatan didapatkan dari besarnya perpindahan yang terjadi setiap waktu atau juga dapat dinyatakan dengan seberapa cepat benda tersebut bergerak dengan juga memperhatikan arah pergerakannya. Karena perpindahan besaran vektor maka kecepatan juga menghasilkan besaran vektor. Kelajuan memiliki pengertian yang berbeda karena kelajuan adalah seberapa cepat benda itu menempuh lintasannya. nilai kelajuan dan kecepatan rata-rata bisa memiliki hasil yang berbeda.

percepatan adalah perubahan kecepatan tiap waktu. sepertihalnya kecepatan, percepatan juga merupakan besaran vektor. ..........bersambung

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS
... Theresia lidya noova...