satuan ukur di indonesia

Dalam pengukuran sehari-hari kita sudah mengenal satuan ons, berapakah nilai satuan ons tersebut jika dikonversikan ke gram?
sesuai dengan pelajaran disekolah yang telah lama kita diperoleh kita akan mengatakan 1 ons = 100 gram. tapi kita harus hati-hati karena 1 ons juga sama dengan 28, 35 gram. Hal ini disebabkan karena terdapat kesepakatan yang berbeda dalam menentukan konversi nilai 1 ons ke gram. Perlu di ketahui bahwa satuan ukuran di dunia ini bermacam-macam, ada sistem Amerika, sistem Inggris, Sistem Metrik, dan sebagainya. Dan adakalanya sebuah satuan memiliki nilai yang berbeda, misalnya ons, jika kita anggap bahwa nama ons itu berasal dari kata ounce (amerika), onza (spanyol), once (prancis), maka masing-masing juga memiliki ukuran yang berbeda (1 ounce = 28.35 g ; 1 onza = 27.3 g ; 1 once = 30.5 g), dan ukuran 1 ons = 100 gram itu berasal dari belanda. jadi sebenarnya yang manakah yang harus kita gunakan dalam pengukuran?
Menyikapi hal tersebut, maka pemerintah pada tahun 1981 mengelurkan Uu tentang pengukuran yakni UU no 2 tahun 1981, yang menyebutkan ukuran-ukuran apa yang barlaku di Indonesia, yaitu mengacu kepada Standard Internasional (SI)

ternyata,,,, kita emang harus belajar lebih banyak,,
dan untuk mengkonversi satuan ukur tertentu ke dalam satuan ukur yang lainnya kita juga dapat menggunakan google, caranya buka google, kemudian masukan
12000 feet in meter atau 20 pound in kilo di search bar situs Google tersebut lalu tekan enter atau klik tombol "Search", nanti jawaban yang kita mau pun akan muncul, wah.. Google pintar ya... (bisa juga untuk konversi satuan ukur yang lainnya)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

... Theresia lidya noova...