standar alat ukur

alat ukur fisika memiliki ketelitian yang tinggi, bahkan untuk satu besaran terdapat berbagai jenis alat ukur dengan ketelitian yang berbeda..Nilai ketelitian adalah nilai terkecil yang masih dapat diukur oleh alat ukur tersebut.
1. standar alat ukur panjang.
satuan standar alat ukur panjang adalah meter yang sama dengan jarak yang ditempuh oleh cahaya dalam ruang hampa dalam waktu 1/ 199.792.458 sekon.
berbagai jenis alat ukur panjang adalah :
a. mistar atau penggaris
b. jangka sorong ( dengan ketelitian 0,1 mm) cara membaca dan contoh jangka sorong lihat disini.
c. mikrometer sekrup (ketelitian 0,01 mm) silahkan klik disini untuk penjelasan lbh lnjt.
2. standar alat ukur massa
satuan standar massa adalah kilogram (Kg). massa adalah banyaknya materi yang terkandung dalam suatu benda. massa 1 Kg sama dengan massa 1 liter air murni pada suhu 4 derajat celcius. massa bersifat tetap( tidak berubah dimanapun dia berada)
untuk mengukur massa digunakan neraca. ada berbagai jenis neraca seperti: neraca pasar (yang biasa digunakan oleh para pedagang), neraca elektronik, neraca lengan (ohaus)
3. Standar alat ukur waktu
satuan standar waktu adalah sekon (s) atau banyak juga yang menyebut detik. nilai 1 sekon diambil berdasarkan waktu getaran yang diperlukan atom sesium 133 untuk melakukan getaran sebanyak 9.192.631.770 kali. alat untuk mngukur besaran waktu antara lain arloji atau jam, stopwatch,
4. standar alat ukur suhu
suhu adalah derajat panas dinginnya suatu benda. satuan satndar suhu adalah Kelvin.alat ukur suhu adalah termometer. ditinjau dari jenis skalanya termometer dibedakan atas termometer skala celcius, termometer skala fahrenheit, termometer skala reamur, termometer skala kelvin.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar

... Theresia lidya noova...